Rabu, 10 Agustus 2011

Cara Membuat Post Tags Wordpress

Fungsi Post Tags hampir sama dengan kategori, yaitu mengelompokkan postingan sesuai dengan nama tag tersebut. Namun, kebanyakan blogger menggunakan post tags dengan nama tag yang lebih bebas di banding dengan kategori. Perbedaan lainnya yaitu pada post tags tidak ada Parent tags atau Child tags.
Cara membuat post tags melalui menu posts :
  1. Alihkan perhatian ke sebelah kiri atas monitor, klik pada menu Posts, lalu klik sub menu Post Tags.
  2. Masukan nama tag yang diinginkan pada form Name, misal : Trend Rambut 2011.
  3. Untuk from slug bisa anda isi atau bisa juga di kosongkan. Ini adalah nama untuk alamat yang muncul pada address. Apabila dikosongkan maka tag-slug ( nama untuk alamat tag ) akan secara otomatis menggunakan nama kategori tersebut, Jika nama tag nya adalah Trend Rambut 2011, maka tag-slug akan otomais menjadi trend-rambut-2011. Misalkan, untuk tag Trend Rambut 2011, alamat yang muncul nantinya jadi seperti berikut : http://idtutorial.com/tag/trend-rambut-2011/  , Apabila anda menginginkan tag-slug yang lain, anda bisa mengisi form Slug dengan nama yang di inginkan, misal nama tag nya adalah Trend Rambut 2011 namun slug nya adalah trend mode 2011, maka contoh alamatnya menjadi : http://idtutorial.com/tag/trend-mode-2011/
  4. Untuk form deskripsi bisa anda isi atau kosongkan. Deskripsi dari sebuah tag hanya muncul pada theme-theme tertentu saja.
  5. Apabila sudah yakin, klik tombol Add New Tag.
  6. Selesai.
Cara membuat post tags ketika sedang membuat posting artikel :
  1. Diasumsikan bahwa anda sedang membuat sebuah posting.
  2. Alihkan perhatian pada sebelah kanan monitor, disana terdapat menu Post Tags.
  3. Isi form yang ada dengan nama tag. Akhiri dengan klik tombol Add. Untuk membuat nama tag lebih dari satu, maka pisahkan dengan tanda koma. Misal : trend warna rambut 2011, trend mode rambut 2001 
  4. Selesai.
Tambahan untuk membuat post tags
Membuat post tags pada menu Post Tags memungkinkan untuk membuat tag terlebih dahulu agar nanti bisa di pilih pada saat melakukan posting artikel. Membuat post tags ketika anda sedang dalam post editor secara otomatis artikel yang anda posting mempunyai tag yang di buat.
Buatlah nama tag yang berhubungan dengan artikel dengan nama yang semenarik mungkin. Sebuah tag nantinya akan mempunyai alamat link tersendiri, oleh karenanya membuat nama tag dengan yang unik akan seolah-olah mempunyai artikel yang unik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar